24 Februari 2012

Cara Membuat Browsing Internet Jadi Cepat

Melakukan browsing di internet dengan kecepatan yang tinggi tentunya akan sangat menyenangkan. Berbagai cara dan tindakan mungkin akan dilakukan untuk membuat browsing internet menjadi lebih cepat, baik dari pilihan penggunaan software-nya, maupun dengan cara melakukan settingan tertentu. Ada beberapa software browser yang mungkin dapat Anda gunakan untuk melakukan browsing internet. Namun dalam kesempatan posting kali ini saya hanya akan share cara untuk mempercepat browsing internet dengan menggunakan salah satu software browser yang memiliki fitur tampilan menarik dan kemudahan dalam penggunaannya, yakni browser Mozilla Firefox.
Mozilla Firefox atau Firefox, nama aslinya adalah Phoenix, yang kemudian dalam perjalanan waktu juga dikenal dengan nama mozilla firebird. Mozilla Firefox adalah penjelajah web internet lintas platform gratis yang dikembangkan oleh mozilla foundation bernama Yayasan Mozilla dengan jumlah relawan yang tersebar diseluruh dunia. Pengguna browser ini juga sangat banyak di dunia internet, bahjkan melebihi browser Google Chrome. Browser Mozilla Firefox ini lebih mudah dioperasikan dan tampilannya juga lebih menarik dari browser-browser lain, sehingga banyak pengguna dunia internet senang dan betah menggunakan browser ini.

Bagi Anda yang senang menggunakan browser Mozilla Fierfox ini, Anda dapat melakukan beberapa settingan secara manual, agar proses menjelajah web di dunia internet lebih cepat. Di bawah ini adalah beberapa langkah setting manual agar browser Mozilla Firefox dapat bekerja lebih cepat, sebagai berikut;
  1. Buka browser Mozilla Firefox.
  2. Di address bar ketik about:config dan klik enter. Jika keluar tombol I’ll be careful, I promise!, klik saja.
  3. Klik kanan di layar Firefox yang Anda lihat (dimana saja di bawah Preference Name) kemudian arahkan mouse pada new  lalu  integer.
  4. Dalam kotak dialog New integer value - Enter the preference name isi dengan nglayout.initialpaint.delay. lalu saat kotak dialog lain muncul isi nilainya (value) dengan 0 (nol).
  5. Pada Filter Bar (Filter:) letaknya ada di bawah tab yg Anda buka ketik pipelining.
  6. Klik dua kali (double klik) pada tulisan network.http.pipelining agar settingannya berubah menjadi true.
  7. Lalu klik dua kali (double klik) pada network.http.pipelining.maxrequests setelah keluar kotak dialognya isi dengan nomor antara 10 hingga 30. Saya sendiri mengisi 30 untuk lebih maksimal.
  8. Selesai dan restart Firefox anda. 
Jika anda ingin menambah lagi kecepatan internet, maka setelah melakukan setting manual tersebut diatas, anda dapat menambahkan fasilitas software dengan menggunakan ads-on fasterfox pada browser firefox tersebut, namun penambahan ads-on ini hanya dapat berjalan dengan firefox versi diatas 2.0.0.

Selain cara tersebut di atas, ada pula cara lain yang dapat anda gunakan untuk melakukan setting browser internet bernama Firefox. Di bawah ini adalah cara lain untuk membuat browsing internet menjadi lebih cepat bagi pengguna software browser Firefok.

Pada dasarnya, OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal, jika netter ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada. Di bawah ini adalah langkah-langkah settingnya, sebagai berikut :
     
     1. Klik Start
     2. Klik Run
     3. Ketik gpedit.msc
     4. Kemudian klik Ok
     5. Setelah masuk klik (buka) Administrative Templates
     6. Kemudian klik (buka) Network
     7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
     8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
     9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
    10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
    11. Klik Apply, dan terus Ok
    12. Kemudian keluar dan Restart komputer


Demikian beberapa cara setting untuk membuat browsing internet jadi cepat dengan menggunakan browser Mozilla Firefox.