7 Januari 2012

Cara Mempercepat Proses Kerja Komputer

Sebagai pengguna komputer yang aktif, terkadang kita sangat kesal dan jengkel terhadap komputer/laptop kita yang bekerja sangat lambat, lemot dan "lola" alias loading lama. Hal ini biasanya mungkin disebabkan karena komputer/laptop kita memiliki terlalu banyak autoloading program, sehingga menyebabkan banyaknya proses load program, pada saat komputer melakukan proses booting atau startup. Namun demikian, kemajuan dunia ilmu dan teknologi seperti sekarang ini ternyata produck komputer kini telah menjadi semakin canggih dengan perangkat hardware yang sudah sedemikian memadai, sehingga kecepatan proses kinerja komputer menjadi semakin lebih baik dan lebih cepat, bahkan sudah sampai pada spesifikasi super cepat.  

Beberapa perangkat hardware yang dapat berpengaruh terhadap kecepatan kinerja komputer/laptop antara lain; dipengaruhi oleh tingkat spesifikasi komputer/PC atau Laptop (Processor, RAM, VGA, dll). Selain pengaruh hardware pada komputer/PC atau Laptop, juga seberapa banyak dan apa saja software yang diinstall kedalam komputer?, maka itu pun akan berpengaruh terhadap proses kinerjanya. Semakin banyak software yang diinstall, maka akan semakin besar pula pengaruh terhadap kecepatan kinerja komputer/laptop tersebut.

Terlepas dari perangkat bawaan berupa hardware yang sudah ada dalam komputer/laptop sesuai dengan spesifikasinya, dimana performa dan spesifikasi komputer yang kita gunakan dianggap sudah cukup memadai, tetapi kinerja komputer kita ternyata masih kurang maksimal, lemot, dan "lola", maka untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan beberapa tindakan atau settingan secara manual agar komputer/laptop kita bekerja lebih baik dan lebih cepat, dengan cara sebagai berikut:

1. Me-Refresh 


Tindakan me-Refresh ini sebaiknya dilakukan setiap kita mulai menyalakan komputer/laptop dan starupnya jalan, atau setelah kita mematikan atau menghapus suatu program, juga saat sebelum kita mematikan komputer. 
Caranya; klik kanan di Dekstop/Explorer dan pilih Refresh, kemudian tekan F5 beberapa kali.

2. Error-Checking 


Tindakan Error-Checking dapat diartikan mencari volume disk yang error sekaligus memperbaikinya. Cara ini dapat dilakukan dengan cara memilih  salah satu disk/partisi harddisk yang akan kita check. Chek Harddisk sebaiknya dilakukan minimal sehari sekali. Misalkan kita akan nge-Check Disk/Partisi C. 
Caranya; klik kanan di partisi C => Pilih Properties => Pilih tab Tools => Klik Check Now...=> Kemudian centang pilihan Scan for and attempt recovery of bad sectors => Lalu klik start => Tunggu sampai proses itu berjalan, setelah selesai maka akan muncul pilihan OK => selajutnya klik "OK" dan selesai.

3. Defragmentation berkala

Tindakan Defragmentation berfungsi untuk mengatur ulang/merapikan atau menata kembali file-file yang ada didalam setiap partisi/disk. Caranya hampir sama dengan Error-Checking. Misalkan kita akan nge-Check Disk/Partisi C. 
Caranya; klik kanan di partisi C => Pilih Properties => Pilih tab Tools => Klik Defragment Now => Pilih partisi yang mau kita Defrag => Klik perintah Defragment yang ada dibawah => Tunggu sampai proses defrag selesai atau keluar pilihan Close-View Report => Setelah proses tersebut selesai, pilih pilihan Close untuk menutup atau View Report untuk melihat laporan hasil Defragment. 

Selain dengan cara tersebut diatas, defrag juga dapat dilakukan dengan menggunakan software yang menyediakan fasilitas defrag otomatis dari software tersebut. Software tersebut dapat anda download disini.

Defragmenation sebaiknya dilakukan terjadwal, misalkan sebulan sekali, karena jika dilakukan terlalu sering efeknya pada umur Harddisk nantinya, karena pada proses ini harddisk bekerja full untuk mengatur ulang file-file yang ada pada partisi tersebut.

4. Disk Cleanup 

Disk cleanup berfungsi untuk mebersihkan file-file yang sudah tidak dipakai dan dapat dikatagorikan sebagai file-file sampah yang tidak berguna.
Caranya; masih klik kanan pada disk/partisi yang hendak di Cleanup => Properties = General => Klik Disk Cleanup => Setelah proses itu selesai, muncul pilihan OK/CANCEL kemudian keluar lagi pilihan YES/NO = Pilih pilihan YES.

Selain cara tersebut Disk Cleanup juga dapat dilakukan dengan menggunakan software seperti pada defragment, dan software-nya dapat anda download disini.

Demikian beberapa cara atau tindakan yang perlu kita lakukan terhadap komputer kita, agar komputer kita dapat bekerja lebih baik dan lebih cepat.